Proposal Prakerin ini saya dapat dari blog kakak kelas (entah siapa) disini.
Proposal ini tentunya akan ada banyak perubahan, seperti pada poin DASAR TEORI, SASARAN, dll yang tentu saja itu berbeda,,, dan masih harus ada banyak perubahan sesuai apa yang kita dapat di kelas...
Untuk itu, proposal ini saya berikan hanya untuk angan-angan dan ancang-ancang (jawa), untuk teman-teman semua...
- PENDAHULUAN
Pemerintah Indonesia mulai menggalakkan keberadaan SMK Tahun 2004, dan mentargetkan
70% untuk SMK serta 30% untuk SMA, kegiatan tersebut dimaksudkan supaya lulusan
sekolah menengah mendapatkan ketrampilan lebih. Sehingga mereka mempunyai
kreativitas serta mampu menghasilkan SDM yanf ber-IMTAQ dan ber-IPTEK serta
berketrampilan.
Sasaran tamatan dari SMK adalah untuk meraih daya saing dalam kinerja
dunia usaha dalam industri, tentunya lulusan yang berkompeten akan langsung
disaring oleh perusahaan, adapula kelebihan dari lulusan SMK bagi mereka bisa
langsung terjun dalam dunia usaha atau melanjutkan ke study yang lebih tinggi
(Universitas).
Apalagi apabila dikaitkan dengan fungsi dan peran SMK sebagai lembaga
formal yang mengantarkan peserta didik agar berkembang sesuai dengan potensinya
yakni, “Learning to know, learning to do, learning to be and learning to
life together”, dimana media sekolah dapat berfungsi sebagai sarana
publikasi guru dan sisva.
- LATAR BELAKANG
Dalam
rangka untuk mendekatkan kesesuaian antara mutu dan tamatan pendidikan Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) perlu adanya dukungan dari berbagai pihak yang terkait
dengan bidang keahlian yang di butuhkan oleh lapangan kerja. Salah satu pihak
yang ikut serta dalam menghasilkan tamatan dan mutu pendidikan yang berkualitas
dan berdedikasi tinggi serta berdisiplin ilmu adalah pihak DU/DI (dunia usaha /
dunia industri).
Pelajaran
praktek yang di dapatkan dari sekolah masih belum ada artinya jika para siswa
tidak di bekali / diberikan praktek kerja lapangan seperti yang terjadi
langsung di dunia usaha / dunia industri. Kegiatan belajar seperti ini masih
belum cukup untuk bisa menyiapkan tenaga kerja yang professional
dalam bidangnya, sehingga antara demand dan supply lapangan kerja
akan terjadi ketidakseimbangan. Oleh karena itu perlu adanya suatu kegiatan
belajar dalam bentuk lain, sebagai penunjang kegiatan belajar, rebagai
penunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah yang berbentuk praktek kerja
industri.
Praktek
Kerja Industri (Prakerin) merupakan wahana yang paling tepat bagi para siswa untuk
mengetahui dan mempraktekkan secara langsung bagaimana proses produksi yang
sedang berlangsung di sebuah industri, dan juga
sebagai tahapan awal untuk beradaptasi sebelum nantinya para siswa bekerja
setelah keluar dari sekolah. Dengan begitu, siswa di harapkan dapat
meningkatkan kegiat`n belajarnya di sekolah dengan berpijak bahwa kalau mereka
nantinya bekeja di dunia usaha / dunia industri sudah betul-betul siap dan
matang, sebab para siswa lebih dahulu mendapatkan pengetahuan dan pengalaman
tentang situasi dan kondisi pada saat melaksanakan Praktek Kerja Industri.
- DASAR TEORI
Sesuai dengan ilmu yang kami dapat
selama kelas X :
SEMESTER I
- Instal Windows dan software aplikasi lainnya
- Perakitan komputer
- Kode-kode HTML
- Pembuatan kabel jaringan
SEMESTER II:
1. Elektronika Digital, seperti perhitungan resistor dan konversi bilangan
2. Algoritma Pemograman dasar, mencakup flowchart, ERD, dan Normalisasi
3. Dasar Pemograman Pascal
4. Dasar Pemograman Visual Basic
5. Dasar Pemograman C++
5. Dasar Pemograman C++
- TUJUAN DAN SASARAN PRAKERIN
1. Tujuan.
Setelah melaksanakan Praktek Kerja
Industri ini diharapkan kepada siswa agar :
a.
Memperoleh pengetahuan dan pengalaman kerja dari dunia usaha / dunia industri
tentang proses produksi yang berlangsung di dunia usaha / dunia
industri secara langsung yang tidak di dapatkan dari sekolah.
b.
Memperoleh pengalaman belajar di luar sekolah sebagai tambahan dan sekaligus
pembuktian secara langsung dari teori-teori dan praktek-praktek yang di
dapatkan di bangku sekolah.
c.
Mempersiapkan diri bagaimana menjadi tenaga kerja yang handal dan professional. Melihat dan sekaligus
mempraktekkan, bagaimana proses produksi itu berlangsung
mulai dari persiapan bahan baku sampai barang jadi.
e.
Menjadikan dunia usaha / dunia industri yang bersangkutan sebagai wahana untuk
beradaptasi guna menyongsong masa depan sebagai tenaga pekerja yang baik dan
bermutu.
2. Sasaran.
Sasaran yang di tuju dalam pelaksanaan
Prakerin Tahun Pembelajaran 2009 / 2010 dari program keahlian Rekayasa
Perangkat Lunak ( RPL ) antara lain adalah :
1. Kantor
PDE ( Pengolahan Data Elektronik ) Kab. Bojonegoro
2. Kantor
Perhutani Bojonegoro
3. PT. JOB
PERTAMINA BOJONEGORO ( Petrochina )
4. Mobil
Cepu Limited ( MCL ) Cepu
5. PT.
Telkom Bojonegoro
6. Dinas
Perhubungan Kabupaten Bojonegoro
7. Dinas
Infokom Kabupaten Bojonegoro
8. PT.
Petrokimia Gresik
9. PT.
Indosat
10. PT.
PLN
11. PT.
Migas Cepu
12. PT.
Pertamina
13. HITECH
dot Com Sumberrejo Bojonegoro
WAKTU PELAKSANAAN
Sesuai dengan program sekolah, pelaksanaan Prakerin Gelombang HI dimulai
pada Bulan Juli 2009 s.d Februari 2010.
- PESERTA PRAKTEK KERJA INDUSTRI
Peserta
Praktek Kerja Industri Tahun 2009 / 2010 SMK Negeri 4 Bojonegoro dari program
keahlian Rekayasa Perangkat Lunak ( RPL ) berjumlah 70 siswa.
Adapun yang mengajukan di PT
HITECH Cabang Sumberrejo Gersik berjumlah 2
Siswa :
NO
|
NAMA SISWA
|
NOMOR INDUK
|
KETERANGAN
|
1
|
xxx
|
xxx
|
Ketua kelompok
|
2
|
xxx
|
xxx
|
Anggota
|
- LAIN-LAIN
a. Tata tertib waktu Prakerin di
serahkan pada Dunia Usaha / Dunha Industri.
b. Transport dan biaya hidup
selama pelaksanaan Prakerin ditanggung sendiri oleh siswa.
- PENUTUP
Demikian Proposal prakerin ini
kami buat dan atas kerja sama dan dukungannya ,
Kama sampaikan terima kasih.