Singkat cerita, Pak Arif menyuruh saya dan teman-teman misalnya, untuk membuat Normalisasi dari sebuah perpustakaan, di mana ada Administrasi, Anggota dan Buku.
Untuk teman-teman Arpello, pastinya sudah mengerti tentang hal ini. Apa yang dilakukan atau hubungan apa yang dikerjakan antara Administrasi, Anggota dan Buku. Pasti jawabannya adalah pinjam-meminjam, daftar-mendaftar. Sebuah logika memang. Jadi begini, Anggota-meminjam-buku. Lalu administrasinya untuk apa?? Jawabannya juga sebuah pertanyaan? Apa yang dilakukan untuk menjadi anggota? Tentu mendaftar di Administrasi.. Iya kan??
Jadi, Anggota-meminjam-buku, anggota-mendaftar-administrasi
SOAL :
Buatlah Normalisasi dari Perpustakaan Umum !!!
JAWAB :
Pertama, membuat tabel normalisasi dahulu....
tabel yang dibuat berasal dari entitas-entitas yang ada...
kita harus melihat diagram ERD yang telah di buat...
Untuk soal di atas... diagram ERD dapat dilihat di sini
Setelah melihat diagram ERD, tabel normalisasinya sebagai berikut..
- Entitas dari ERD dijadikan tabel.
- Atribut dari ERD yang ada, dijadikan field-field dalam tabel
- ID dapat dijadikan primary key atau reguler key, tergantung banyak relasi dalam tabel
a.Administrasi
NAMA FIELD
|
TYPE
|
WIDTH
|
INDEX
|
Id_Admin
|
Varchar
|
5
|
|
Nama
|
Varchar
|
20
|
|
Alamat
|
Varchar
|
30
|
|
No_telp
|
Integer
|
15
|
|