Jumat, 26 November 2010

FITUR BARU GOOGLE

1. Instan Search


Setelah sebelumnya memperbolehkan pengguna mengganti latar belakang halaman pencarian dengan gambar pilihannya sendiri, kini google menambakan satu lagi fitur baru yaitu google instant search, dengan aktifnya fitur ini pengguna tidak perlu lagi klik tombol "Telusuri". Alih-alih klik tombol telusuri, saat kita baru mengetikkan satu huruf saja, google akan langsung memberikan hasil pencarian langsung saat itu juga. Dan ketika kita menambahkan huruf dan kata-kata baru, hasil pencarian pun akan otomatis   berubah secara real time sesuai dengan kata kunci yang kita masukkan.

fitur baru google instant
Jika dilihat sebenarnya fitur ini merupakan pengembangan dari Google Suggest, yaitu fitur semacam auto complete, saat kita baru mengetikkan beberapa huruf atau kata, google akan memberikan beberapa saran keyword yang banyak dicari pengguna lain yang diawali dengan keyword yang baru kita masukkan. Nah di google instant search, google bukan hanya menyarankan kata kunci untuk keyword yang baru kita masukkan tapi langsung memberikan hasil pencarian dari kata kunci yang disarankannya.


Fitur ini langsung aktif secara default saat kamu mengakses website google search, baik sudah login maupun belum. Dan jika kamu tidak suka fitur baru ini, kamu bisa menonaktifkannya dengan klik link "instant on" atau "sekejap" lalu pilih off atau mati.


2. Instan Preview


Menurut blog Google, bulan lalu mereka mengadakan testing berstatus beta untuk fitur mereka preview (pratinjau) instant search. Fitur tersebut sekarang dinamakan, Instant Previews, berfungsi menampilkan sebuah “pratinjau” visual mengenai sebuahblog atau website yang muncul di halaman hasil mesin pencari Google. Dan kemarin, pihak Google telah umumkan bahwa fitur ini telah resmi diaktifkan dan akan tersedia seluruh domain Google, termasuk Google.co.id. Berikut adalah contohnya:
AbiBakarBlog Google Instant Previews
Saya belum yakin benar apakah keberadaan fitur pratinjau visual seperti ini memberi bantuan tambahan terhadap pencari informasi. Jika mereka mencari lewat homepagesebuah blog (Seperti gambar diatas), manfaatnya bisa lebih terasa karena akan menemukan daftar judul posting terbaru hingga akhir, sehingga memberi deskripsi lebih dalam mengenai blog tersebut bagi si pencari informasi. Namun jika mereka mencari langsung ke judul halaman, maka sulit menemukan manfaat dari fitur Instant Previews ini karena tidak ada pilihan lain kecuali artikel yang dimaksud.
Sejauh ini untuk menggunakan fitur Instant Previews, anda harus mengakftifkannya terlebih dahulu, dengan menuju alamat situs ini:http://www.google.com/landing/instantpreviews/ kemudian klik tombol “Try It Now” setelah itu mulailah mencari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...