Selasa, 09 November 2010

RENUNGAN DAN RENUNGKAN

Mendapatkan sebuah pernyataan dari kakak-kakak alumni SMK N 4 Bojonegoro di Blog Ikatan Alumni SMK N 4 Bojonegoro, membuat admin berfikir kembali masalah yang ada dalam teman-teman. Sejujur-jujurnya saja lah...


Berikut kutipan (bercetak miring) yang Admin dapat dari mereka :


Sebenarnya banyak sekali masukan, saran ataupun kritik yang ingin aku layangkan ke SMK N 4 Bojonegoro. Tentunya guna kemajuan sekolah tercinta kita ini.
Yang pertama, sekolah kita ini sebenarnya sangat berpotensi untuk menjadi sekolah favorit di Bojonegoro bahkan di Jawa Timur. Kenapa saya bilang begitu, karena sekolah kita ini mempunyai jurusan-jurusan yang unik serta memang sedang dibutuhkan oleh pasar pada saat ini.


Disini dapat kita renungkan kan... SMK N 4 Bojonegoro memang berpotensi menjadi sekolah favorit. Dan memang, sekarang ini menjadi SMK Favorit di Bojonegoro. Tapi ke-favoritan kita haruslah di imbangi dengan sikap kita terhadap sekolah. Bagaimana sikap seseorang yang di anggap favorit. Tak usah di beri contoh masalah ini, Admin pikir semua sudah dewasa kan..?? Mulai sekarang, belajar besikap dewasa, toh kebaikan itu untuk kita semua. Ingat kata-kata guru tercinta kita tadi, Bu Evista. Teman-teman masih butuh banyak perbaikan. Mari kita renungkan untuk kedepannya, membawa nama favorit yang membumbung tinggi di mata Nasional. Renungkanlah mulai sekarang, betapa pentingnya ini.


Kedua, dengan mudahnya dana yang mengalir ke sekolah kita untuk berbagai macam pembangunan, tentunya tak lepas dari kepercayaan pusat bahwa memang sekolah kita ini amatlah penting.


Mari kita lihat, Setahu kita semua ini semua benar. Benar bahwa pemerintah percaya akan sekolah kita. Sekarang mari kita berfikir, bagaimana menanggapi hal ini. Bagiamana memahami sikap yang diberikan. Mulai dari awal, yang berkali-kali selalu di ingatkan dari pihak guru. "Ke-Disiplinan". Masukkan baju, tertib, dengarkan dan hal-hal yang menurut Admin mudah untuk dilakukan asal terbiasa. Tentu, kepercayaan pemerintah akan dana-dana akan hilang jika anak-anak (termasuk kelas Admin) memiliki sikap yang tak patut mendapatkan kepercayaan itu. Sekali lagi, mari kita renungkan... Buatlah bangga Kepala Sekolah kita, Wali Kelas, Orang tua, dan diri kita sendiri. Renungkanlah... kebaikan itu juga untuk kita semua...

Ketiga, setelah tau potensi sekolah kita, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana kita menggarap sekolah ini agar bisa memenuhi standar sebagai sekolah berkompetensi nasional.
Tentunya banyak sekali berbagai pendapat, tapi penulis hanya berani memberikan gambaran apa yang sedang saya pikirkan:
1. Buatlah aturan serapi dan sedisiplin mungkin serta laksanakan.
Memang sangat mudah kita membuat aturan, namun konsisten terhadap aturan yang telah kita buat adalah merupakan PR bagi siswa maupun guru guna dilaksanakan.
Nah, sudah Admin jelaskan bukan. Aturan dan Kedisiplinan siswa memang sangat penting. Apa susahnya mematuhi aturan sekolah. Tak ada juga kan aturan yang membuat kita tersesat. Aturan-aturan itu juga akan membawa pada kesuksesan kan..??

2. Buat aturan standar pengajaran
Tidak terlalu menyombongkan diri, bahwa para siswa yang masuk ke sekolah kita adalah siswa pilihan dengan tingkat IQ menengah ke atas, maka pengajaran yang profesional akan sangat membantu dalam pengembangan kecerdasan siswa.
Sekali lagi, Janganlah menyombongkan diri akan ini. Bangga akan kostum dan seragam identitas yang kita gunakan boleh-boleh saja. Tapi tunjukkan sikap yang seharusnya. Tunjukkan bahwa kita anak SMK pilihan, yang mampu membanggakan. Jangan bersikap sebaliknya, bandel, atau apa.. Pembangkang dan lainnya. Kasiahan memang orang tua kita yang membiayai sekolah ini, dan kita harus membalasnya dengan kebagian yang diharapkan mereka. Pengajaran yang profesional akan terjalan dengan lancar apabila ada kerjasama dan kesadaran murid dan guru. Sekali lagi, renungkanlah...

3. Selalu buat inovasi kegiatan
Untuk menyeimbangkan antara kepintaran dan kecerdasan dalam bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, maka sangat penting untuk selalu mengadakan kegiatan rutin yang tujuannya menjadikan siswa suka berdiskusi serta senang bersosialisasi serta peduli terhadap alam sekitar.
Di mulai dari hal mudah, apakah kita sering mengerjakan Tugas tanpa menggantungkan teman..?? Apakah kita mau menjadi pengurus OSIS? Jangan jauh-jauh, apakah kita mau bertanggung jawab, sekedar mencari nilai yang kurang, berharap di beri tugas untuk mendapatkan nilai kosong itu..??
8 dari 10 orang memang mau mengerjakan semuanya dengan benar, dan 2 anak ini belum sadar akan pentingnya semua itu. Berdiskusi memang menyelesaikan semuanya, masalah yang dipikir dan dilalui bersama akan sangat ringan dengan berdiskusi. Sekarang berfikirlah....

4. Perluas wawasan OSIS dengan banyak studi banding keorganisasian
Sebagai organisasi resmi satu-satunya dalam lingkungan sekolah, tentu para anggotanya diharapkan sebagai suri tauladan bagi siswa lain sebagai insan yang aktif, kreatif, dan bertanggung jawab.
Berat memang memikul tanggung jawab ini. Tapi OSIS tetap yakin kita semua bisa (termasuk Admin). Aktif, Kreatif, dan Bertanggung jawab memang tugas kami. Tapi Admin mewakili Pengurus OSIS, memohon kerja sama dengan semuanya... Saling membantu dan memahami tugas masing-masing. Pengurus OSIS juga seorang siswa..

Demikian sedikit pemikiran yang bisa saya bagi buat semua. Namun saya akan lebih senang jika pendapat saya ini bisa mendapat timbal balik, baik dari siswa atau pun dari pihak sekolah sendiri. Tentunya saya sebagai alumni, akan senantiasa membuka tangan jika dibutuhkan.


Kakak Alumni kita mengetahui SMK ini lebih awal. Merekalah teman-teman untuk belajar. Karena mereka juga ikut andil dalam mem-favoritkan sekolah ini. Sudahlah renungan ini,,, semua teman-teman sudah dewasa kan.. semuanya dapat berfikir bagaimana bagusnya untuk sekolah ini. Buatlah sekolah bangga... Orang tua,, dan wali kelas tersenyum bahagia... 


Kata-kata yang di sampaikan guru Admin tadi sangat membuat Admin berfikir dua kali akan sikap Admin pribadi. Mulailah kita berubah (terkhusus kelas Admin). T.T


Sekian.. Jikalau ada salah dari Admin, Admin memohon maaf yang sebesar-besarnya...
(Ryan Eka Putra Wijaya "X-RPL 2")



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...